ANUGERAH PAJAK DAERAH TAHUN 2019, SERUUU!!! DAN BANYAK INFO TERBARU

PEMALANG – Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Pemalang kembali mempersembahkan kegiatan Anugerah Pajak Daerah. Sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan apresiasi bagi pembayar pajak daerah yang terbesar, tertaat dan tercepat di Kabupaten Pemalang selama tahun 2019. Selain dihadiri oleh wajib pajak, Kades/Lurah dan Camat penerima anugerah, berkenan hadir pada acara ini diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Pemalang, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Kepala BPN Pemalang, Pimpinan Bank Jateng Cabang Pemalang, para Asisten Sekda dan Staf Ahli serta para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah kabupaten Pemalang.

Foto bersama dengan seluruh pemenang Anugerah Pajak Daerah Tahun 2019

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan juga launching e-retribusi pasar di Kabupaten Pemalang secara bertahap dimulai dari Pasar Paduraksa. Hal ini merupakan pelaksanaan road map penerapan transaksi non tunai pada APBD Kabupaten Pemalang sebagaimana ketentuan Inpres Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017. Diharapkan pada tahun 2020, seluruh pasar di Kabupaten Pemalang sudah menerapkan e-retribusi.

Bupati Pemalang menyaksikan transaksi pembayaran retribusi dengan E-Retribusi Pasar

Pada sambutannya Bupati Pemalang Bapak Dr. H. Junaedi SH,MM menyampaikan bahwa anugerah pajak merupakan wujud rasa terima kasih dan penghargaan Pemerintah Kabupaten Pemalang kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pemungutan pajak daerah. Hal ini dilandasi kesadaran bahwa sukses pemungutan pajak daerah merupakan hasil kolaborasi dari berbagai pihak mulai dari masyarakat wajib pajak, perangkat pemungutan, pihak Bank Jateng sebagai Bank penerima, sampai dengan DPRD sebagai penyusun regulasinya. Semuanya saling terhubung dalam suatu sistem yang mendukung kinerja pemungutan pajak daerah. Kegiatan ini juga menjadi media membangun komunikasi dan sinergi diantara para pemangku kepentingan pengelolaan pajak dan retribusi daerah. Kami menyadari tentu masih banyak hal yang perlu disempurnakan, namun demikian kami mengharap hal tersebut tidak mengurangi makna dari ketulusan niat kami untuk memberikan penghargaan dan membangun relasi positif dengan berbagai pihak dalam mengelola pembangunan di Kabupaten Pemalang.

Sambutan oleh Bupati Pemalang Bapak Dr. H. Junaedi SH, MM

Sejalan dengan harapan peningkatan PAD, lanjut Bupati, Saya selalu menekankan pentingnya peningkatan pelayanan kepada masyarakat pembayar pajak dan retribusi daerah. Dapat Saya sampaikan bahwa saat ini pembayaran pajak daerah sudah bisa dilayani secara online. Bahkan untuk Pajak Bumi dan Bangunan sudah bisa dilayani pembayarannya melalui Indomaret, Go-Pay, maupun Tokopedia. Kedepan sedang dikembangkan perluasan channel pembayaran melalui fintech lainnya seperti OVO, Bukalapak, Dana, Link-aja, serta layanan PPOB dan sejeninsnya.

Bapak Dr. H. Junaedi mendengarkan testimoni pedagang pasar tentang adanya E-Retribusi Pasar

Di Sela-sela sambutannya, Bapak Bupati pun mengajak maju salah satu pedagang pasar yang sudah menggunakan fasilitas E-Retribusi untuk memberikan testimoninya. Ibu Sri Sumarni pedagang makanan di pasar Paduraksa menuturkan bahwa penerapan E-Retribusi menjadikan pembayaran retribusi lebih praktis dan lebih hemat. Ketika ditanya lebih jauh, Ibu ini memberikan contoh jika sebelum penerapan E-Retribusi jika tarifnya Rp 1.850,- maka sering membayar Rp. 2.000,- tanpa meminta kembalian karena sulit mencari pecahan Rp. 150,-, sekarang dengan E-Retribusi pembayarannya pas sesuai ketentuan. Dalam suasana yang penuh keakraban, Bapak Bupati Pemalang berkenan memberikan hadiah satu juta rupiah dan memerintahkan untuk langsung diisikan (top-up) ke Kartu E-Retribusi milik Ibu Sri Sumarni. Hal itu langsung dilaksanakan melalui petugas Bank Jateng yang hadir siap melayani transaksi dimaksud.

DAFTAR KATEGORI PEMENANG TERBESAR

Pajak Hotel Hotel R-Gina
Pajak Restoran CV. Ieffadia
Pajak Hiburan Wonderland (Yogya Mall)
Pajak Reklame CV. Giat Mbangun Company
Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan PT. Castally Bumi Purbaya
Pajak Parkir RS. Prima Medika
Pajak Air Tanah PT. Candi Mekar
Pajak Sarang Burung Walet Agus Purwanto

DAFTAR KATEGORI PEMENANG TERTAAT

Pajak Hotel Hotel Podomoro
Pajak Restoran Rocket Chicken Pemalang I
Pajak Hiburan Paradiso Karaoke
Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan Sukim
Pajak Parkir H. Fathurohman (Yogya Mall)
Pajak Air Tanah PT. Ratu Salju

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *